Pupuk Hayati Feng Shou


solusi untuk pertanian Indonesia. Tiens Group telah meluncurkan pupuk hayati, Feng Shou. Pupuk ini dapat digunakan untuk semua tanaman pertanian dan perkebunan. Feng Shou menggunakan bahan alami mikroba asli Indonesia (mikroorganism indigenous). Ramah lingkungan, cocok untuk tanah Indonesia, menghemat pupuk kimia dan pupuk kandang/kompos 50%, meningkatkan panen 20-50 %, mengurangi kandungan racun pestisida pada tanaman, dan menghasilkan produk pertanian organik.
 
Apa yang terjadi saat ini pada sawah/kebun yang menggunakan pupuk kimia selama? Tanah semakin kritis, tidak subur, hasil panen merosot dan tidak tahan hama. Ini diakibatkan tidak seimbangnya pemupukan. Selama ini hanya menggunakan dua unsur saja. Yaitu fisik (dibajak, dicangkul, dan digemurkan) serta kimia (penggunaan pupuk kimia) secara terus menerus. Kita melupakan unsur biologi. Padahal tanah membutuhkan unsur ini agar kesuburannya tetap seimbang. Petani juga selalu dihadapkan pada kelangkaan dan mahalnya pupuk kimia. Kondisi seperti ini mengakibatkan petani semakin sengsara.


Peluncuran pupuk ini telah mendapatkan dukungan dari pemerintah Indonesia dalam rangka program ketahanan pangan Indonesia dan swasembada pangan serta pertanian yang ramah lingkungan (go green). Bahkan kualitas pupuk ini sempat mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) setelah dapat mengembangbiakkan sebuah singkong raksasa sepanjang lebih kurang 3 meter.  
KANDUNGAN

  • Hormon tumbuh biologi IAA (Indole Acetic Acid)

Merangsang pertumbuhan akar serabut sehingga penyerapan tanaman terhadap makanan (hara) lebih optimal. Taman cepat tumbuh, buah lebih besar dan banyak

  • Azotobacter Sp

Melindungi hormon tumbuh

  • Azospirillum Sr

Penambat Nitrogen (N) dari udara bebas agar dapat diserap tanaman

  • Mikroba Selulolitik

Menghasilkan enzim selulos yang berguna dalam proses pembusukan bahan organik

  • Mikroba Pelarut Fospat

Melarutkan fospat yang terikat dalam mineral liat tanah menjadi senyawa yang mudah diserap tanaman

  • Lactobacillus Sp

Membantu proses fermentasi bahan organik menjadi senyawa-senyawa asam laktat yang dapat diserap tanaman

  • Pseudomonas Sp

Menghasilkan enzim lignin yang dapat mengurai zat-zat kimia pestisida

Singkong terpanjang pemenang rekor MURI.

KEUNTUNGAN
Keuntungan penggunaan pupuk Hayati Feng Shou untuk padi :
- Hemat pupuk (kimia, kandang, kompos) sampai 50%
- Tanaman liar (gulma) berkurang
- Lebih tahan terhadap serangan hama
- Anakan lebih banyak
- Panen lebih cepat dan daun bulir lebih berisi
- Kualitas dan jumlah hasil gabah jadi lebih baik
- Ramah lingkunan dan minim racun pestisida berbahaya (padi organik)
Feng Shou juga dapat digunakan untuk tanaman sayuran, buah-buahan dan tanaman hias. Apel, bawang, bunga hias, cabe, coklat, durian, jagung, kacang tanah, kakao, karet, kedelai, kentang, kopi, lada, mangga, melon, pisang, sawi, semangka, sayuran, singkong, strawberry, tanaman obat, dll.